Surat Edaran Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021

Surat Edaran Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021


Surat Edaran Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021. Kementerian Agama melalui  Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis telah menerbitkan Surat Edaran Nomor: B-3082/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/12/2020 Tentang Rekrutmen Penulis Soal Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah Tahun 2021.


Isi surat Surat Edaran Nomor: B-3082/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/12/2020 tentang Rekrutmen Penulis Soal AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) Madrasah Tahun 2021 adalah terkait Pemberitahuan implementasi kegiatan Komponen II Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) yang bersumber dari Pinjaman Luar Negeri, Project Management Unit REP-MEQR Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan proses seleksi guru dan pengawas madrasah untuk bergabung pada Tim Penyusun Soal atau Instrumen Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah.

 

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah adalah Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia yang bertujuan untuk memetakan kemampuan siswa madrasah demi perbaikan madrasah di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini disampaikan tata cara rekrutmen dan persyaratan pengembangan dan penulis instrumen AKSI Tahun 2021, Pendaftaran seleksi atau rekrutmen dilaksanakan pada 28 Desember 2020 s.d 05 Januari 2021.

 

Tahun 2021, Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan Program Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) untuk madrasah. Penyelenggaraan rekrutmen didasarkan atas perencanaan kebutuhan program tersebut, selanjutnya memerlukan penulis instrumen tangguh dan berpengalaman yang terdiri atas guru-guru madrasah di seluruh Indonesia. Pengembangan dan penulisan instrumen AKSI 2021 meliputi Literasi Membaca, Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya untuk jenjang MI, MTs, dan MA.

 

Persyaratan Peserta dalam Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021adalah sebagai berikut

a. Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba,

b. Status sebagai guru madrasah negeri atau swasta dibuktikan oleh Surat Rekomendasi dari Kepala Madrasah

c. Memenuhi persyaratan administrasi, berikut:

·            Memiliki pengalaman terlibat dalam kegiatan pengembangan instrumen penilaian, dibuktikan melalui sertifikat kegiatan pengembangan instrumen penilaian, dan atau surat keterangan pengalaman dalam pengembangan instrumen penilaian,

·            Menulis contoh butir instrumen /soal mengacu pada pada indikator yang ditetapkan panitia. (terlampir)

·            Surat pernyataan keaslian butir soal yang disusun,

·            Salinan ijasah terakhir yang dilegalisir dari perguruan tinggi.

d. Memiliki kompetensi yang diperlukan, meliputi: kecakapan tata tulis bahasa Indonesia yang baik, kecakapan bekerja secara daring/online, serta komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan bekerja sama dengan tim.

e. Guru diutamakan memiliki kompetensi sesuai jenjang dan latar belakang pendidikan.

·            Literasi Membaca : Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris

·            Literasi Numerasi : matematika (untuk MI dan MTs); matematika dan IPA (untuk MA)

·            Literasi Sains : IPA (MI kelas atas & MTs), biologi, fisika, dan kimia (MA)

·            Literasi Sosial Budaya : IPS, PKn, Keagamaan (kecuali bahasa Arab), dan Bimbingan Konseling (BK).

 

Prosedur Pendaftaran dalam Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021adalah sebagai berikut

a. Setiap guru madrasah dapat mengajukan lamaran secara mandiri dan/atau rekomendasi dari kepala madrasah sesuai persyaratan yang ditetapkan,

b. Rekrutmen dilakukan secara online melalui http://bit.ly/pendaftaranpenulisAKSI

c. Berkas-berkas yang diperlukan sesuai butir (2) sebagai penunjang dapat di-upload ke aplikasi paling lambat 5 Januari 2021 pukul 22.00 WIB.

d. Keputusan hasil rekrutmen tidak dapat diganggu gugat dan mutlak menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

 

Tahapan Seleksi dalam Rekrutmen Penulis Soal AKSI Madrasah Tahun 2021adalah sebagai berikut

a. Tahap-tahap seleksi melalui proses seleksi administrasi dan petikan soal pelamar yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI, berikut:

·            Tahap 1 Seleksi administrasi, seleksi keaslian soal, seleksi kesesuaian contoh soal yang disusun dengan indikator soal yang ditetapkan.

·            Tahap 2 Dinyatakan lulus Tahap 1; Selanjutnya mengkuti tes tertulis pengetahuan literasi/numerasi (secara online)

·            Tahap 3 Dinyatakan lulus Tahap 2; Selanjutnya mengikuti wawancara (by online) bersama tim ahli yang ditugaskan

 b. Pemberitahuan hasil seleksi calon penulis soal/instrument dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melaui alamat email yang digunakan oleh pendaftar.

c. Penjelasan tentang kewajiban dan hak sebagai calon penulis soal serta tata tertib dan peraturan yang berlaku disampaikan oleh Direktorat KSKK Madrasah, Ditjen Pendis, Kemenag RI.

d. Calon penulis soal yang telah menerima penjelasan dimaksud pada butir (c) diwajibkan menandatangani “Surat Pernyataan” yang memuat hal-hal pokok sebagai berikut:

·            Pernyataan taat dan patuh terhadap peraturan-perturan sesuai ketentuan yang berlaku,

·            Kewajiban, tanggung jawab, hak penulis soal,

·            Sanksi pelanggaran tata tertib dan disiplin dalam bekerja dan berkarya,

 

e. Kewajiban Penulis setelah Dinyatakan Lulus Seleksi

·            Menandatangani kontrak kerja/komitmen akademik untuk tidak menginformasikan segala hal tentang AKSI kepada siapapun (pihak umum, dan/atau kolega) untuk menjaga kerahasiaannya.

·            Berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penulisan soal.

·            Mengikuti alur kerja yang telah ditetapkan tim dalam melaksanakan pekerjaan/menulis soal AKSI

·            Memiliki kemauan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.

 

Panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apa pun.

 

Link download Surat Edaran Rekrutmen Penulis Soal AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) Madrasah Tahun 2021 (disini)

 

Demikian informasi tentang Rekrutmen Penulis Soal AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) Madrasah Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.