HIKMAH IDUL FITRI

Menyambut datangnya Idul Fitri 1439 H, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) menyampaikan permohonan maaf sekaligus pesan hikmah yang diambil dari Sabda Nabi Muhammad SAW.

Gus Mus menyitir sebuah hadits, Rasulullah SAW bertanya: "Tahukah kalian yang namanya orang bangkrut?"Para sahabat menjawab: "Orang bangkrut di kita ialah orang yang tak punya harta maupun barang." 

Rasulullah pun bersabda: "Sesungguhnya orang bangkrut dari umatku ialah yang kelak datang di hari Kiamat dengan membawa amalan-amalan salat, puasa, dan zakat; tapi sebelumnya sudah mencaci ini, menuduh itu, memakan hartanya ini, mengalirkan darahnya itu, dan memukul ini. Maka nanti si ini diberi --diambilkan-- dari amal-amal baiknya, si itu dari amal-amal baiknya. Bila kemudian amal-amal baiknya sudah habis sebelum terlunasi tanggungan-tanggungannya, maka diambilah dari dosa-dosa mereka yang terzalimi dan ditimpukan kepadanya; kemudian dia pun dicampakkan ke neraka." (HR Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah ra).

“Mengerikan sekali. Jangan-jangan di antara kalian ada yang --tanpa aku sadari-- pernah aku sakiti, pernah hartanya termakan olehku, pernah ucapanku menyinggungnya, dan pernah aku zalimi,” ucap Gus Mus dikutip NU Online, Rabu (13/6) melalui akun instagram pribadinya @s.kakung.

Sebab demikian, di samping mengucapkan selamat Idul Fitri, dengan kerendahan hati Gus Mus juga memohon dibukakan pintu maaf lahir dan batin kepada siapa pun atas segala kesalahannya


= Baca Juga =



No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.