PANDUAN SISPENA S/M (SISTEM PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH DAN MADRASAH) UNTUK SEKOLAH DAN ASESOR

Sebagaimana diketahui Proses Akreditasi Sekolah mulai tahun 2017 dilakukan secara manual dan online. Proses Online dalam pelaksanaan Akreditasi Sekolah dilakukan saat pengisian EDS oleh Sekolah dan saat pengisian (input) nilai hasil visitasi oleh Asesor.  Untuk membantu sekolah dan Asesor berikut ini saya sharekan link Download  Panduan  Sispena S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah Dan Madrasah) Untuk Sekolah dan Asesor.




A. Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Sekolah.
Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Sekolah ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah.)  Aplikasi SisPenA S/M adalah  aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web,  dimana  bisa  akses  dimana  saja,  kapan  saja  dengan  syarat terhubung dengan internet. Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi  bisa juga  menggunakan handphone  ataupun  tablet yang resolusinya lebih kecil.

Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Sekolah


Adapun langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu :
1. Buka url:  http://bansm.or.id/sispena di halaman browser. 
2. Atau bisa klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan website http://bansm.or.id
3. Akan muncul halaman login seperti terlihat dibawah ini.

4. Selanjutnya  masukkan  user  dan  password  yang  dimiliki.  dan pilih level pengguna yaitu Sekolah
5. Ketika pertama  kali  masuk  kedalam  halaman  login.  Sistem  akan langsung menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah.
6. Isilah  Form  tersebut dan ubahlah password.  user anda  tetaplah NPSN  dengan password  atau kata  sandi yang  sudah  dirubah untuk bisa mengakses dan masuk kembali kedalam sistem ini nantinya. 
Ingat: Jika Sekolah Anda Sudah mengakses Laman SiPenA, segera UBAH Password sekolah Anda.
7. Setelah  selesai  mengisi  lengkap Profile  Sekolah. Selanjutnya akan akan masuk ke area penilaian evaluasi diri.
8. Dalam tabel sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang  berfungsi  untuk  memberikan  penilaian evaluasi  diri  sekolah, memasukkan IPDIP sekolah, mengunggah prasyarat akreditasi, photo pendukung serta Kartu Kendali.
9. Langkah awal selanjutnya adalah Klik tombol menu  ntuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.
10. Akan  muncul  6  form  isian  dokumen  yang  digunakan  untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan  chose file  
11. Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data  PTK, pernyataan  pemberlakuaan  kurikulum,  Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana.
12. Untuk  merubah  atau  mengedit kembali data  atau  dokumen  yang sudah ada, klik chose file  lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
13. Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya klik Input Evaluasi Diri 
14. Untuk  menginput  evaluasi  diri akan  muncul  jendela penilaian akreditasi  terhadap  sekolah,  sistem  penilaian  dimunculkan  butir demi  butir  serta  menurut  standar,  yang  dimulai  dari  butir  1  pada standar isi.
15. Untuk  memberikan  penilaian  klik  langsung  pilihan  a,b,c,d,e  yang sudah  ada.  Jika  sudah  terpilih  akan  berubah  menjadi  warna  hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.
16. Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya. 
17. Sekolah bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.
18. Isi  dari  petunjuk  teknis yang  kita  klik akan  muncul  berupa pop-up atau jendela seperti gambar dibawah ini.
19.  Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan  standar  dan  nomer  butir pada  setiap  standar  dengan  mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.
20. Warna  hijau  yang  terlihat  digambar  menandakan  bahwa  butir tersebut telah diberikan penilaian.

Berikut ini lanjutan langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M sesuai Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Sekolah.
21. Penilaian  bisa  dilakukan  secara  acak  atau  melompat  dari  satu standar ke standar lainnya.
22. Data  penilaian  yang  sudah  dilakukan  akan tersimpan  secara otomatis  apabila admin  sekolah keluar  dari  sistem  dan  akan melanjutkan  nantinya.    Dan  hal  ini  juga  mengantisipasi  apabila terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian
23. Proses  penilaian  akan  dianggap  selesai  apabila  semua  butir  sudah dinilai  dan  muncul  tombol Simpan dibagian  paling bawah seperti gambar dibawah ini.
24. Apabila  anda  sudah  yakin  dengan  penilaian  anda,  klik  tombol Simpan.  Setelah menekan  tombol Ok maka penilaian evaluasi diri  telah selesai dan bisa langsun melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol Lihat Hasil Penilaian
25.  Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar, Nilai akhir dan peringkat. 
26. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna  merah  apabila  nilai  tidak  memenuhi  syarat  lulus  akreditasi, yaitu 1)  nilai  akhir  kurang  dari  71, 2)  Nilai  standar  sarana  dan prasarana kurang dari 61, 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.
27.  Admin  sekolah  bisa  mengedit  atau  merubah  data  evaluasi  diri sekolah kapan saja dengan menekan tombol menu  EDIT EDS
28.  Untuk  mengedit  atau  merubah  nilai  langkah  langkahnya  sama seperti mengisi nilai evaluasi diri pertama kali.
29.  Jika  ingin  mencetak  hasil  penilaan Print Format Laporan Individu
30.  Akan muncul jendela untuk cetak dokumen, tekan tombol Print Jika sudah  yakin  dengan  tampilan  yang  ada,  atau  klik More  Setting untuk mengatur margin, ukuran kertas, menghilangkan header atau memberi warna pada tabel. 
31.  Atur  setting  yang  ada  untuk  mendapatkan  posisi  cetak  yang  baik. Jika telah selesai klik PRINT
32.  Selain penilaian evaluasi diri sekolah juga harus menyertakan IPDIP (Instrumen  Pengumpulan  Data  dan  Informasi)  Sekolah  yang bersangkutan.
33.  IPDIP ini bisa di upload (Unggah) secara langsung digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian
34. Klik tombol choose file  untuk memilih dokumen IPDIP.
35. Pilih dokumen IPDIP anda. Dan klik Submit untuk mengirim.
36. Selanjutnya  sekolah  mengirimkan Foto  sekolah  sebanyak  5  buah yang  menggambarkan  sarana  prasana  serta  kegiatan  belajar. Dengan mengklik menu Foto sekolah.
37. Klik Upload Foto untuk mulai memasukkan Foto pendukung
38. Klik  semua  tombol Choose  File untuk  memilih  dan  memasukkan foto, dan tekan submit jika telah selesai
39. Photo yang dimasukkan akan muncul dan bisa kita lihat lebih detail satu persatu dengan mengkliknya.
40. Photo bisa di diperbesar, digeser bahkan diputar, dan untuk melihat photo selanjutnya kita bisa menekan tombol next
41. Apabila telah selesai, Untuk kembali ke menu sebelumnya atau area penilaian kita bisa menu penilaian yang terdapat disamping kiri



Berikut ini lanjutan langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M sesuai Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Sekolah.
42. Langkah  terakhir  dan  sangat  Penting….!!  Sekolah  harus menginput  kartu  kendali  setelah  proses  visitasi  akreditasi  oleh asesor selesai dilaksanakan
43. Akan muncul form yang harus diisi oleh sekolah.
44. Klik Submit  setelah sekolah  mengisi  seluruh  isian  dalam  format kartu kendali.
45. Sekolah akan diberikan warning oleh sistem dan BAP apabila belum mengisi format kartu kendali sampai waktu yang ditentukan.
46. Untuk fasilitas menu lainnnya asesor bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi di menu Dashboard.
47. Akan  terlihat  beberapa  informasi  umum  berupa  infografis  dan informasi lainnya terkait akreditasi.
48. Untuk merubah kembali biodata atau profile Sekolah serta merubah Foto Profile bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.
48. Untuk merubah kembali biodata atau profile Sekolah serta merubah Foto Profile bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.
49. Form Edit Profile sekolah, Klik Submit untuk menyelesaikan
50. Klik Choose File untuk merubah photo profil sekolah anda
51. Jika  menggunakan  smartphone  bisa  secara  langsung  mengganti dengan  memilih  foto  di  file  penyimpanan  atau  memfoto  secara langsung menggunakan kamera.
52. Jangan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.
53. Selamat Menggunakan…. Salam Akreditasi Berkualitas

Selengkapnya Link Download Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Sekolah (KLIK DISINI)


Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Asesor

B. Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Asesor.
Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Asesor.   ini  akan  memberikan  pemahman  kepada Asesor   bagaimana menggunakan Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah.)  Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web,  dimana  bisa  akses  dimana  saja,  kapan  saja  dengan  syarat terhubung dengan internet.
Aplikasi ini pun tak tidak   hanya bisa diakses menggunakan  Laptop atau komputer tetapi  bisa  juga  menggunakan  Handphone  ataupun  tablet yang resolusinya lebih kecil. Adapun langkah  – langkah untuk mengakses atau  menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu : 
1.   Buka website bansm dengan url:   http://bansm.or.id   di browser. 
2.   Selanjutnya  klik  link  banner  SisPenA  S/M  yang  terdapat  disebelah kanan website.
3.   Akan muncul halaman login seperti terlihat dibawah ini.



4.   Selanjutnya  masukkan  user  dan  password  yang  dimiliki.   dan  pilih level pengguna yaitu  Asesor
5.   Ketika  pertama  kali  masuk  kedalam  halaman  login  sistem  akan langsung  menampilkan form yang harus   diisi oleh asesor.
6.   Form  tersebut  harus  d iisi  dengan  lengkap  terutama  untuk  no sertifikat  asesor  dan  passwordnya.     Karena  no  sertifikat asesor dan password ini akan menjadi  user dan kata sandi untuk bisa mengakses dan  masuk kembali kedalam sistem ini nantinya.  
7.   Setelah  selesai  mengisi  lengkap  biodata  asesor.  Selanjutnya  akan diperlihatkan list sekolah yang akan diberikan penilaian
8.   Dalam List sekolah yang tampil terdapat banyak  button   atau tombol yang  berfungsi  untuk  memberikan  penilaian  terhadap  sekolah , melihat IPDIP  dan Informasi Lainnya.
9.   Yang  membedakan  jumlah  tombol  sekolah  satu  dengan  lainnya adalah  peran  asesor  sebagai  ketua  tim  asesor  atau  hanya  sebagai asesor biasa   ketika visitasi ke sekolah.
10. Sebelum  memulai  penilaian  kita  bisa  mengunduh  (download) terlebih dahulu IPDIP (Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi) Sekolah yang bersangkut
11.   IPDIP ini  bisa  dilihat secara digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian 
12.  Selain  IPDIP  kita  juga  bisa  melihat  beberapa  photo  sekolah  yang telah diupload ole h sekolah, dengan cara klik button   Foto Sekolah sebagai gambaran kita ketika akan visitasi ke lapangan.
13.  Photo yang dimasukkan akan muncul dan bisa kita lihat lebih detail satu persatu dengan mengkliknya. 
 14.  Photo bisa di diperbesar, digeser bahkan diputar, dan untuk melihat photo selanjutnya kita bisa menekan tombol next
15.  Apabilatelah selesai, Untuk kembali ke menu sebelumnya atau area penilaian kita bisa menu penilaian yang terdapat disamping kiri


16.  Selanjutnya  u ntuk  memulai penilaian  sekolah,  klik  button  Beri Penilaian   di  list sekolah yang akan dinilai 
17. Akan  muncul  jendela  baru  yang  berisi  butir  butir  penilaian  yang dimulai berdasarkan standar isi.
18. Untuk  memberikan  penilaian  klik  langsung  pilihan  a,b,c,d,e  yang sudah  ada.  Jika  sudah  terpilih  akan  berubah  menjadi  warna  hijau. Seperti te rlihat pada gambar ini. 
19. Klik tombol Next untuk beralih ke  butir selanjutnya. 

Berikut ini lanjutan langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M sesuai Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Asesor.
20. Asesor  bisa melihat petunjuk t eknis  untuk  setiap  butir  pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.
21. Isi  dari  petunjuk teknis  akan  muncul  berupa  pop -up  atau  jendela seperti gambar dibawah ini.
22. Selanjutnya  asesor  bisa  melihat  nilai  evaluasi  diri  dari  sekolah terhadap butir yang sedang di nilai dengan mengklik Nilai EDS   
23. Nilai akan terlihat pada Pop-Up yang muncul dengan Kode Jawaban
24. Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar  dan  nomer  butir  pada  setiap  standar  dengan  mengklik tombol standar  yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan. 
25.  Warna  hijau  yang  terlihat  digambar  menandakan  bahwa  butir tersebut telah diberikan penilaian. 
26.  Penilaian  bisa  dilakukan  secara  acak  atau  melompat  dari  satu standar ke standar lainnya. 
27.  Data  penilaian  yang  sudah  dilakukan  akan  tersimpan  secara otomatis  apabila  asesor  keluar  dari  sistem  dan  akan  melanjutkan nantinya.   Dan  hal  ini  juga  mengantisipasi  apabila  terjadi  insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian
28.  Proses  penilaian  akan  dianggap  selesai  apabila  semua  butir  sudah dinilai  dan  muncul  tombol  Kirim  dibagian  paling  seperti  gambar dibawah ini. 
29.  Apabila anda sudah yakin dengan penilaian anda, klik tombol Kirim dan  data tidak bisa anda rubah jika anda telah menekan Oke pada jendela peringatan
30.  Setelah menekan tombol Oke maka tugas untuk menilai telah selesai dan kita bisa langsung meliha t hasil penilaian yang  telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol Lihat  hasil penilaian 
31.  Akan  muncul  nilai  berdasarkan 8  Standar  beser ta  nilai  akhir  dan peringkat dan Status Akreditasi

Berikut ini lanjutan langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M sesuai Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Asesor.
32.  Pada tabel penilaian ini  juga  diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila  nilai  tidak memenuhi  syarat  lulus  akreditasi, yaitu  1)   nilai  akhir  kurang  dari  71,  2)   Nilai  standar  sarana  dan prasarana kurang dari 61,  3)   Salah  satu standar nilainya kurang dari 50.
33.  Klik  Print  F ormat  Laporan  Individu  jika  kita  ingin  mencetak  hasil penilaian    
34.  Format  L aporan penilaian  akan  siap  cetak   dengan  ukuran  kertas yang dapat menyesuaikan .
35.  Selanjutnya  tugas  asesor  adalah  menginput  penilaian  untuk  nilai kelompok dengan mengklik  button  Input Nilai Kelompok 
36.  Menu  atau  tombol Input nilai kelompok   hanya  akan  aktif di  area menu  asesor  yang  bertindak  sebagai  ketua  tim  pada  saat  visitasi. Tetapi harus dinilai bersama sama dengan asesor lainnya.
37.  Menu atau tombol ini pun akan muncul hanya ketika 2 asesor yang bertugas  sudah  memberikan  penilaian  masing  masing  terhadap sekolah yang divisitasi 
38.  Pada  prosesnya  input  nilai  kelompok  hampir  sama  persis  dengan penilaian Individu yang dilakukan oleh asesor.   Dimana a kan muncul
39.  Setelah  penilaian  kelompok  selesai  dilakukan.  pilih  menu  Input Rekomendasi     untuk  memasukkan  rekomen dasi  asesor  untuk semua standar.
40.  Terdapat  form  yang  harus  diisi  oleh  asesor  dari  mulai  standar  isi sampai dengan standar  penilaian 
41.  Klik   Submit  jika telah selesai  
42.  Apabila kita ingin mengedit rekomendasi yang telah kita input, klik saja kembali    di baris menu. 
43.  Langkah selan jutnya  adalah memasukkan beberapa photo sekolah yang divisitasi   dengan mengklik Foto Pendukung Asesor 
44.  Input photo yang disediakan oleh sistem maksimal adalah 10 photo dengan  pembagian  4  untuk  sarana  dan  prasarana,  4  untuk  photo kegiatan dan 2 untuk visitasi. 
45.  Klik menu Upload Foto  untuk mulai memasukkan photo.
46.  Akan  muncul  form  sebanyak  10  untuk  memilih  photo  yang dimaksud . Klik Choose File  untuk mencari file photo
47.  Ketika  diklik  submit   Photo  yang  dimasukkan  akan  di resize ukurannya  secara  otoma ti s  oleh  sistem  dengan  resolusi  yang ditentukan
48.  Menu terakhir yang harus diisi oleh  asesor adalah   berita acara 
49.  Isilah empat form isian yang muncul 
50.  Lalu tekan Submit   apabila telah selesai.
51.  Setelah  mengisi  berita  acara,  asesor  dapat  mencetaknya  sebagai laporan  fisik  kepada  BAP,  dengan  mengklik  tombol  Print  di  pojok sebelah kanan
52.  Format berita akan muncul dan siap untuk dicetak. 
53.  Untuk fasilitas  menu lainnnya asesor bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi di menu Dashboard. 
54.  Akan  terlihat  beberapa  informasi  umum  berupa  infografis  dan informasi lainnya terkait akreditasi.
55.  Untuk merubah  kembali biodata atau  profile asesor  serta merubah photo pengguna bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas .
56.  Klik  Choose File   untuk merubah photo profile anda
57.  Jika  menggunakan  smartphone  bisa   secara  langsung  mengganti dengan  memilih  foto  di  file  penyimpanan  atau  memfoto  secara langsung menggunakan kamera s martphone.
58.  Selanjutnya  Klik  Logout  apabila  anda  telah  selesai  menggunakan Sistem Aplikasi ini.


Selengkapnya Link Download Panduan / Tutorial (Juknis) Aplikasi SisPenA untuk Asesor (KLIK DISINI)



= Baca Juga =



No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.