Contoh-contoh Pidato

1. Contoh Pidato Sambutan Kepala sekolah dalam rapat orang tua

Asalamu Alaikum Wr. Wbr.

Bapak ketua Komite dan Pengurus Komite yang saya hormati.
Bapak/Ibu orang tua atau Wali Murid yang saya hormati.
Serta para udangan yang saya hormati

Alhamdulillah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa taala, bahwa atas ridho dan perkenan-Nyalah kita semua masih diberikan nikmat yang tiada henti yang menjadikan kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti kegiatan rapat Komite SD Negeri ,,,,,,,,,,,,,,,,,,. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. beserta para shahabat, para pengikutnya hingga akhir zaman.



Hadirin yang berbahagia.

Dalam acara rapat komite sekolah ini, izinkanlah saya menyampaikan sepatah atau dua patah kata sebagai ungkapan kegembiraan yang sangat mendalam karena dapat menyelenggarakan acara ini dengan dihadiri oleh semua unsur komite sekolah Sekolah, serta unsur masyarakat dalam hal ini orang tua siswa SD Negeri ……………..

Terselenggaranya kegiatan ini sesungguhnya berkat dukungan penuh dari Komite Sekolah. Oleh karena itu, sebagai kepala sekolah di Sekolah Dasar ini saya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan pada kami. Namun tentu saja, dalam pelaksanaan kegiatan ini masih serba kekurangan, baik dari segi tempat maupun pelayanan yang dapat kami berikan. Untuk semua itu, kami mohon maaf dan maklum.



Bapak dan Ibu yang berbahagia.

Beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini di antaranya adalah:

Pertama, Keberadaan SD Negeri ………….. ini merupakan salah satu sekolah negeri yang ada di lingkungan masyarakat desa ……………….. Oleh karena itu, kami berharap semoga bangunan yang ada ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat di sekitar sekolah untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat kita. Jangan biarkan anak-anak kita putus sekolah, berikan motivasi belajar kepada putra-putri Bapak dan Ibu untuk lebih berprestasi di sekolah. Insya Allah dengan dukungan orang tua atau wali murid, pada masa yang akan datang kami akan berupaya menjadikan sekolah ini sebagai sekolah yang unggul dan mampu berprestasi diberbagai bidang.

Kedua, Keadaan siswa di sekolah ini memang jumlahnya masih relative sedikit bila di banding beberapa sekolah lain. Oleh karena itu, saya selaku kepala sekolah di sekolah ini mengharapkan bantuan dari Bapak/Ibu agar masyarakat yang ada di lingkungan sekolah ini mau dan dapat menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah ini. Saya harap Bapak/Ibu tidak ragu untuk menyekolahkan putra-putri Bapak/Ibu ke sekolah ini, karena kami dengan segenap kemampuan yang ada akan berusaha menjadi sekolah ini sebagai sekolah yang bermutu namun tetap dapat terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

Ketiga, SD Negeri ……………kedepan senantiasa akan berusaha mengembangkan bakat dan keterampilan siswa-siswinya. Hal ini akan dilakukan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikluer atau pengembangan diri seperti kegiatan Pramuka, Olahraga, dan Kesenian.

(kalau ada pretasi yang pernah diraih sekolah sebutkan mislanya dengan kalimat ,………………….Alhamdulillah pada tahun ………….beberapa siswa sekolah ini mampu berprestasi dibidang …………………… sebagai juara ……………dst Kedepan Insya Allah akan kita akan meningkatkannya dan mampu meraih berbagai prestasi lainnya )



Berbagai kegiatan pengembangan bakat dan keterampilan yang akan kami laksanakan semata-mata untuk meningkatkan kemampuan putra-putri Bapak/Ibu agar ketika lulus dari sekolah ini mampu bersaing lulusan dari sekolah-sekolah lainnya.

Keempat, Sebagai sekolah negeri ini, sekolah ini juga diberi kewenangan melaksankan otonomi sekolah. Otonomi sekolah mengandung makna terlaksananya berbagai kegiatan sekolah bukan hanya terletak ditangan kepala sekolah, namun merupakan tanggung jawab semua unsur sekolah, baik guru, kepala sekoah, staf dan masyarakat yang dalam hal ini diwakili oleh komite sekoah. Oleh karena itu saya mengajak kepada seluruh pengurus dan anggota komite sekolah untuk membantu bagi kemajuan sekolah ini. Bantuan yang dapat diberikan tidak semata-mata bantuan dalam bentuk materi, namun dapat berupa sumbangan pemiukiran bagi kemajuan sekolah ini di masa yang akan dating. Dengan demikian, maju mundurnya sekolah menjadi tanggung jawab kita bersama yakni: pihak sekolah, komite sekolah, maupun masyarakat.



Bapak dan Ibu yang saya hormati.

Demikian yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Billahi Taufik Walhidayah: Wasalamu Alaikum Wr. Wbr.

2. Contoh Pidato Siswa tentang Lingkungan dan Penataannya

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhomat para hadirin yang kami cintai dan kami muliakan. Baru – baru ini, bangsa kita terkena bencana, dari kapal laut terbakar, sampai hilangnya pesawat terbang. Tetapi yang paling menyedihkan bagi kita adalah "BANJIR".
Para hadirin yang kami muliakan, banjir merupakan masalah yang paling rumit untuk dicegah, mengapa?..... ya karana dilingkungan sekitar kita, sangat kurang memperhatikan dalam perawatan lingkungan. Contohnya dalam membuang sampah disembarang tempat, selokan dibiarkan kotor begitu saja. Jadi lingkungan kita akan menjadi kotor dan kumuh.
Nah ! saudara – saudara sekalian, mulai sekarang marilah kita bersama-sama, memperhatikan dan memelihara lingkungan kita dengan baik. Contohnya membuang sampah jangan di sembarang tempat, usahakan didepan rumah ada tempat sampah, sehingga sampah tidak berserakan kemana-mana.
Karena dengan memperhatikan dan memelihara lingkungan dengan baik, kita akan terhindar dari mulai terkena penyakit sampai bisa hidup sehat. Apabila kita, ikut menjaga lingkungan dan penataannya, berarti kita semua, ikut melaksanakan program pemerintah yang telah dianjurkan. Kita harus ingat bahwa "Kebersihan adalah pangkal kesehatan", juga "Kebersihan itu sebagian dari imam".
Maka saya menghimbau kepada teman-teman khususnya, umumnya kepada masyarakat, marilah program pemerintah ini, kita laksanakan dengan baik, marilah kita tingkatkan penataannya, agar kehidupan dilingkungan lebih nyaman, sehat dan indah dipandang mata.
Demikian para hadirin dan teman-teman, atas himbauan saya, mengenai lingkungan dan penataannya, semoga bermanfaat bagi kita.
Amin Ya Robal Alamin.


Wassalamualaikum Wr, Wb.


3. Pidato Perpisahan (Pidato Siswa)


Bapak Kepala Sekolah,
Bapak dan Ibu Guru, serta Staf TU yang saya hormati
Dan Teman-teman Semua yang saya cintai.

Assalamu alaikum Wr.   Wb.

Pertama-tama saya panjatkan  puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas limpahan segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam  acara perpisahan siswa-siswi kelas 9 dan kenaikan kelas bagi siswa siswi kelas 7 dan 8.

Para hadirin yang saya hormati, Saya selaku wakil dari teman-teman kelas 9, ijin kan saya menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan dan kenaikan kelas ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.

Kepada Bapak kepala sekolah,  Bapak Ibu guru dan TU,  terimlah permohonan maaf kami yang setulus-tulusnya atas tutur kata dan perbuatan kami yang tidak berkenan dihati Bapak Ibu selama selama ini.  Mudah-mudahan semua Bapak Ibu yang melaksanakan tugas di sekolah ini selalu dapat diberikan kesehatan yang baik, mendapat kebahagian serta lindungan dari Allah SWT.

Juga untuk teman-teman  semua. Sungguh berat rasanya berpisah kita berpisah, karena selama 3 tahun kita telah bersama-sama. Tetapi perpisahan memang terkadang tak terelakkan, yang dapat kita lakukan hanya saling memaafkan dan mendo’akan agar kita semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun jenjang pendidikan lainnya. Dan mudah-mudahan kita dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Kepada adik-adik kelas 7 dan 8, kakak berpesan: maafkanlah kami jika ada kesalahan, jaga nama baik sekolah ini, dan rajin-rajinlah belajar, hanya dengan belajar kalian semua akan berhasil.

Akhir kata, saya menyampaikan permohonan maaf apabila ada kata-kata saya yang salah atau kurang berkenan di hati hadirin semua.

Wassalamu alaikum Wr.   Wb.