JADWAL PENERIMAAN SISWA PESERTA DIDIK BARU MAN INSAN CENDEKIA 2017/2018 SELURUH INDONESIA

Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang handal, berkualitas tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta menjadi pribadi yang mampu menegakkan keimanan dan ketakwaan (imtak) di masa datang, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui program Science and Technology Equity Program (STEP) tahun 1996 mendirikan SMU Insan Cendekia di Serpong dan Gorontalo yang diperuntukkan bagi lulusan madrsah Tsanawiyah/SMP di lingkungan pesantren. Pada tahun 2000 pengelolaan dilimpahkan oleh BPPT kepada Departemen Agama RI (kini Kementerian Agama RI). Melalui suart keputusan Menteri Agama RI nomor 490 tahun 2001, SMU Insan Cendekia diubah menjadi MAN Insan Cendekia.

MAN Insan Cendekia dikelola dengan sistem berasrama secara profesional oleh tenaga pendidik yang memilliki integritas, komitmen dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan dan kejayaan negeri Indonesia tercinta. Beberapa prestasi internasional yang di raih siswa MAN Insan Cendekia di antaranya adalah medali emas dalam International Physics Olympiade (IPHO) tahun 2000 di Bali. Pada ajang International Biology Olympiade (IBO) meraih medali perunggu tahun 2007 di Kanada dan tahun 2010 di Korea Selatan, medali perak tahun 2011 di Taiwan, serta medali perunggu tahun 2014 di Denmark. Sementara di kejuaraan International Olympiade Informatica (IOI) meraih perunggu tahun 2012, dan International Geography Olympiade (IGeO) medali perunggu tahun 2014 di Polandia, serta sejumlah prestasi skala nasional.




Di samping itu, lulusan MAN Insan Cendekia lebih dari 95% diterima di PTN terbaik di Indonesia (ITB, UI, UGM, UNPAD, IPB, ITS, UIN, dll) dan luar negeri (Jepang, Singapura, Jerman, Mesir, Malaysia, Korea Selatan, Australia, Saudi Arabia, USA, dan Rusia).

Untuk mendeseminasikan keunggulan MAN Insan Cendekia di lingkungan Kementerian Agama, sejak didirikannya hingga saat ini sudah berdiri 20 MAN Insan Cendekia yang tersebar di sejumlah provinsi, yaitu MAN IC Gorontalo, MAN IC Serpong - Banten, MAN IC Jambi, MAN IC Aceh Timur, MAN IC Kota Pekalongan - Jawa Tengah, MAN IC Siak - Riau, MAN IC Ogan Komering Ilir - Sumatera Selatan, MAN IC Bangka Tengah - Kep. Bangka Belitung, MAN IC Paser - Kalimantan Timur, MAN IC Padang Pariaman - Sumatera Barat, MAN IC Bengkulu Tengah - Bengkulu, MAN IC Kota Batam - Kepulauan Riau, MAN IC Tanah Laut - Kalimantan Selatan, MAN IC Sambas - Kalimantan Barat, MAN IC Kota Kendari - Sulawesi Tenggara, MAN IC Kota Palu - Sulawesi Tengah, MAN IC Sorong - Papua Barat, MAN IC Tapanuli Selatan – Sumatera Utara, MAN IC Lombok Timur - NTB, dan MAN IC Maluku Utara.

Cita-cita luhur bangsa untuk melahirkan generasi yang memiliki kemampuan iptek dan imtak yang seimbang serta handal yang diharapkan akan terwujud dan bermunculan dari berbagai penjuru negeri Indonesia. Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah.

INFORMASI PENERIMAAN SISWA PESERTA DIDIK BARU MAN INSAN CENDEKIA 2017/2018

Jadwal Penerimaan Siswa Peserta Didik Baru MAN INSAN CENDEKIA 2017/2018

Jadwal Penerimaan Siswa Peserta Didik Baru MAN INSAN CENDEKIA 2017/2018


Persyaratan Umum Jalur TesPenerimaan Siswa Peserta Didik Baru MAN INSAN CENDEKIA 2017/2018
1 Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2016/2017.
2 Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017 3 Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 5 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah.
b. Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar > 5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 7 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah. * Rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2016/2017 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan, dan kelas akselerasi.
c. Madrasah/Sekolah yang berada di Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Propinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi NTB, Provinsi Maluku Utara dapat mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang.
d. Jumlah Peserta Didik pada Madrasah/Sekolah sebagaimana tersebut pada huruf c) yang dapat memilih MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo atau MAN IC Jambi sebagai pilihan pertama harus memenuhi ketentuan sebagai berikut : 1) Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1 – 5 kelas maksimal 5 siswa, 2) Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar > 5 kelas maksimal 7 siswa.
e. Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz dan atau berprestasi dalam MTQ tingkat Propinsi atau Nasional, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar ketentuan pada poin 3) huruf a,b,dan c di atas.

PERSYARATAN KHUSUS JALUR PRESTASI
Pendaftar yang mempunyai prestasi akademik dibidang sains pada tingkat nasional dan atau internasional diberikan kesempatan untuk menjadi peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia melalui jalur prestasi tanpa melalui tes akademik dan tes potensi belajar apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :

Persyaratan Jalur Prestasi
1 Peraih medali emas pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan melampirkan bukti prestasinya.
2 Peraih medali emas pada lomba olimpiade sains tingkat internasional dengan melampirkan bukti prestasinya.

MEKANISME PENDAFTARAN
Seluruh pendaftar PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia baik jalur tes maupun jalur prestasi melakukan pendaftaran dengan mekanisme sebagai berikut:
Mekanisme Pendaftaran
1 Mengunggah (upload) pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm dalam bentuk JPG/PNG.
2 Mengunggah (upload) berkas persyaratan sebagai berikut :
a. Rapor kelas IX semester 1 (gazal) yang telah disahkan diupload dalam bentuk file pdf dengan ukuran file maksimal 1 MB.
b. Sertifikat/penghargaan prestasi dalam bentuk JPG/PNG.
c. Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an 10 juz atau lebih sebagaimana disebutkan di poin 3 huruf e) dalam bentuk JPG/PNG.
d. Akta kelahiran/surat kenal lahir dalam bentuk JPG/PNG.
e. Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi harap menyertakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG.

CARA PENDAFTARAN
Calon peserta PPDB dapat mendaftarkan dengan cara akses ke alamat : https://ic.ppdbonline.id/ atau dengan cara mengunduh aplikasi pada Google Play Store untuk dapat instal pada perangkat android. Aplikasi dapat dicari dengan kata kunci ppdb ic atau kunjungi link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ppdbonline.manic melalui browser perangkat Android.

DAFTAR PILIHAN MAN INSAN CENDEKIA
Calon peserta didik baru dapat memilih maksimal 2 pilihan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Berikut daftar pilihan MAN Insan Cendekia : Nomor Kode MAN Insan Cendekia Situs/ Laman
01 MAN IC Serpong, Banten www.ic.sch.id
02 MAN IC Gorontalo, Gorontalo www.icg.sch.id
03 MAN IC Jambi, Jambi www.icjambi.sch.id
04 MAN IC Aceh Timur, Aceh www.icat.sch.id
05 MAN IC Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan www.insancendekiaoki.sch.id 06 MAN IC Siak, Riau www.icsiak.sch.id
07 MAN IC Paser, Kalimantan Timur www.icpaser.sch.id
08 MAN IC Kota Pekalongan, Jawa Tengah www.icp.sch.id
09 MAN IC Bangka Tengah, Kep. Bangka Belitung www.icbabel.sch.id
10 MAN IC Padang Pariaman, Sumatera Barat www.icpar.sch.id
11 MAN IC Bengkulu Tengah, Bengkulu www.icbenteng.sch.id
12 MAN IC Kota Batam, Kepulauan Riau www.icbatam.sch.id
13 MAN IC Tanah Laut, Kalimantan Selatan www.ictala.sch.id
14 MAN IC Sambas, Kalimantan Barat www.icsambas.sch.id
15 MAN IC Kendari, Sulawesi Tenggara www.manickendari.sch.id
16 MAN IC Kota Palu, Sulawesi Tengah www.manickotapalu.sch.id
17 MAN IC Sorong, Papua Barat www.icsorong.sch.id
18 MAN IC Tapanuli Selatan, Sumatera Utara www.ictapsel.sch.id
19 MAN IC Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat www.iclotim.sch.id
20 MAN IC Maluku Utara www.icmu.sch.id

Pendaftaran Online KLIKDISINI

Download Panduan Pendafaran Online KLIK DISINI 



= Baca Juga =



No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.