LIMA MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

Posted by INFO PENDIDIKAN on Sunday, June 19, 2016

Banyak orang mungkin mengalami beberapa masalah pencernaan selama berpuasa. Ini dikarenakan adanya jeda waktu yang cukup panjang pada jam makan, yakni saat sahur dan berbuka.

Meski begitu, tak sedikit pula manfaat kesehatan dari puasa selama bulan Ramadan. Jika Anda selalu makan makanan yang sehat dan menjaga diri agar tetap terhidrasi, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan lebih banyak dari sebelumnya.


Ini mengapa puasa di bulan Ramadan bisa meningkatkan kesehatan Anda seperti dilansir dari Boldsky.




1. Membantu menurunkan berat badan
Jika Anda menghindari makan makanan yang terlalu manis dan berminyak selama Ramadan, Anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah, karena hanya makan dua kali sehari. Jika makanan Anda seimbang dan sehat, berat badan tentu dapat turun beberapa kilo sebelum akhir bulan.

2. Mengontrol hawa nafsu
Puasa selama Ramadan adalah cara yang baik untuk mengontrol hawa nafsu dalam diri Anda, terutama dalam hal makanan. Anda bisa mengendalikan diri dengan berolahraga selama satu bulan dan selalu ingat olahrga setiap kali Anda harus makan.


3. Mengurangi kolestrol
Selama Ramadan, kita cenderung makan hanya dua kali dalam sehari, dan lebih memilih makanan rumahan bersama keluarga. Ini tentu membuat Anda menghindari makanan cepat saji, junk food, dan makanan tidak sehat lain. Hal ini  tentu saja sangat membantu dalam mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol.

4. Membatasi diri
Berpuasa mengharuskan seseorang untuk menahan diri hal-hal buruk, seperti rokok, minuman beralkohol dan lainnya. Kebiasaan ini tentu saja dapat membantu mereka beristirahat dari 'kecanduan' terhadap hal-hal yang buruk bagi kesehatan.


5. Mendetoksifikasi tubuh
Puasa adalah cara yang baik untuk detoksifikasi sistem tubuh anda. Karena tubuh Anda bisa beristirahat dari asupan rutin makanan, terutama junk food. Ini tentu membuat Anda menjadi lebih sehat.


Blog, Updated at: 3:17 PM

0 comments:

Post a Comment

----------------------------------

--------------------------------

JADWAL IMSAKIYAH

---------------------------

Statistik Pengunjung

CB