KEWAJIBAN SEKOLAH DALAM RANGKA GERAKAN PENUMBUHAN BUDI PEKERTI

Bersamaan dengan dimulainya tahun pelajaran 2015/2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencanangkan “Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti” melalui serangkaian kegiatan non kurikuler. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dalam kegiatan harian dan periodik wajib maupun pilihan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai dan karakter positif. 


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, ketika orangtua mengantarkan anaknya ke sekolah, maka saat itu pula terjadi penyerahan kepercayaan kepada guru dan sekolah untuk mendidik anaknya. Dan bagi sekolah, pendidikan juga bukan sekadar statistik semata. “Akan kita siapkan sekolah untuk juga menyambut orangtua,” kata Mendikbud beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Budi pekerti luhur yang diharapkan dapat tumbuh lewat gerakan ini mencakup beberapa hal, di antaranya: internalisasi nilai moral dan spiritual dalam kehidupan, rasa kebangsaan dan cinta tanah air, interaksi positif antara peserta didik dengan guru dan orangtua, juga interaksi positif antar siswa. Selain itu, diharapkan pula tumbuhnya pengembangan potensi utuh siswa, pemeliharaan lingkungan sekolah yang mendukung iklim pembelajaran, dan pelibatan orangtua dan masyarakat.


Alur Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di sekolah meliputi:
1.    Diajarkan di sekolah;
2.    Dibiasakan
3.    Dilatih Konsisten
4.    Menjadi Kebiasaan
5.    Menjadi Karakter
6.    Menjadi Budaya

Berdasarkan alur tersebut, tahap awal pembudayaan budi pekerti yang dilakukan dalam gerakan penumbuhan budi pekerti dimulai dengan diajarkan. Contoh kasus: hidup bersih. Siswa diajarkan tentang cara hidup bersih dan bahaya hidup kotor. Setelah diajarkan, mereka dibiasakan untuk membersihkan yang kotor dan membuang sampah pada tempatnya. Pembiasaan ini membutuhkan komitmen, sehingga anak dilatih untuk konsisten. Mereka diarahkan bila tidak mengerjakan, dan ditegur jika dilanggar.

Setelah menjadi kebiasaan, tanpa disadari anak-anak akan membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya. Karena terbiasa bersih, mereka akan tidak nyaman melihat jika ada sampah yang tidak pada tempatnya. Saat itulah terbentuk karakter bersih yang berujung pada masyarakat yang berbudaya hidup bersih.

Adapun beberapa kegiatan yang wajib dilaksanakan di sekolah dalam rangka Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti adalah sebagai berikut:

1.    Sebelum Memulai Pelajaran
  • Membaca buku non-pelajaran sekitar 15 menit
  • Ketika pelajaran dimulai, diawali dengan berdoa yang dipimpin bergantian oleh siswa di bawah bimbingan guru
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan/atau satu lagu wajib nasional atau lagu terkini yang menggambarkan semangat cinta tanah air



2.    Sesudah Mengakhiri Pelajaran
  • Menyanyikan satu lagu daerah (dari seluruh nusantara
  • Berdoa yang dipimpin bergantian oleh siswa di bawah bimbingan guru



3.    Kegiatan Mingguan
  • Upacara bendera tiap hari Senin yang diikuti seluruh warga sekolah
  • Olah raga bersama seluruh warga sekolah



4.    Kegiatan Periodik / Insidental
  • Pertemuan wali murid dan orang tua untuk menjelaskan visi, misi, dan aturan sekolah serta tahapan belajar siswa
  • Siswa juga dapat dibiasakan belajar kelompok baik di sekolah maupun di rumah dengan sepengetahuan guru dan orangtua.



Demikian informasi terkait Kewajiban Sekolah Dalam Rangka Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti semoga bermanfaat.

No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.