CARA CEK KEASLIAN IJAZAH, APAKAH NAMA ANDA TERDAFTAR DI PORTAL DIKTI

Tahu Anda ternyata Dirjen DIKTI telah menyediakan Portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi yang dapat digunakan untuk cek keaslian ijazah secara online. Sering kita ingin mengetahui atau sekedar iseng ingin tahu apakah ijazah yang kita miliki terdapat atau tidak di Perguruan Tinggi, karena tidak sedikit lulusan atau mahasiswa terutama dari PTS terkadang tidak terdaptar di Di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.  Pengecekan status mahasiswa di Portal ini bisa untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) baik jenjang Diploma, Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), dan Strata 3 (S3).


Berikut ini cara cek keaslian Ijazah secara online atau cara pengecekan LULUSAN atau Mahasiswa di Portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi  atau portal PDDIKTI.

Pertama,  buka alamat http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa atau KLIK DISINI

Cek Mahasiswa / Lulusan/ Alumni


Kedua, isi format yang tersedia yakni Tulis Nama Perguruan Tinggi (misalnya UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA) tulis sebagian dari kata itu nanti akan muncul pilihan yang dapat kita pilih. Lalu Program Studi dan Jurusan, Kemudian Tulis Kata Kunci dengan menulis Nama atau NIM selanjutnya tulis KODE CAPTCHA.



Ketiga, Klik Tombol CARI MAHASISWA



Keempat, Jika sudah ditemukan, Klik pada NAMA maka akan muncul status mahasiswa tersebut apakah masih aktif atau sudah lulus. Bahkan akan diketahui tanggal lulusnya.




Terima Kasih, Mudah-mudahan info tentang cara cek keaslian Ijazah secara online ini bermanfaat




= Baca Juga =



No comments

Theme images by mattjeacock. Powered by Blogger.