PENETAPAN GAJI MINIMUM GURU HONORER SEDANG DIBAHAS

Posted by INFO PENDIDIKAN on Monday, January 26, 2015



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Rasyid Baswedan usai prosesi upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN), Selasa (25/11) pagi, mengatakan, penetapan gaji guru honor atau penghasilan minimum guru honorer sedang dibahas oleh pemerintah. Hal itu dilakukan karena upah yang diterima guru honorer masih sangat kecil, bahkan seringkali lebih rendah dari upah minimum regional (UMR). "Saya sudah bicara dengan Menpan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Kita harus menetapkan batas minimum sehingga guru punya penghasilan cukup. Jangan sampai gaji guru hanya Rp 150.000-Rp 200.000. Kita harus ubah," kata Anies.

Anies mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hanya berinisiatif, namun keputusan tetap harus dibahas bersama dengan Menpan dan RB, Yuddy Chrisnandi, dan Presiden Joko Widodo.

Dia mengungkapkan urusan guru bukan kewenangan Kemdikbud. Proses rekrutmen guru saat ini dilakukan bersamaan dengan rekrutmen Pegawai Negeri Sipil oleh Kementerian PAN dan RB, sedangkan pengelolaan guru ditangani pemerintah daerah.

Anies Baswedan mengatakan, penyelesaian permasalahan gaji guru honor atau penghasilan minimum guru honorer tidak bisa diselesaikan secara partial, tetapi harus dituntaskan satu paket dengan status guru tersebut. "Masih banyak PR (pekerjaan rumah) untuk guru yang belum tunai. Kita belum melakukan dengan baik. Misalnya status kepegawaian, sudah statusnya tidak jelas lalu gajinya rendah pula. Tenaga kerja saja punya upah minimum, tapi guru tidak punya," ujar Anies.

"Kemendikbud telah membicarakan persoalan administrasi dan kepegawaian guru bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri,” tambahnya.

Selain persoalan administrasi dan kepegawaian guru (status guru honorer) dan besaran penghasilan minimum guru honorer atau gaji guru honor atau penghasilan juga sedang dibahas pihak mana yang wajib membayar gaji guru honor atau penghasilan minimum guru honorer tersebut, apakah diambil dari anggaran pemerintah daerah atau pusat.



Sumber:  sp.beritasatu.com 


Blog, Updated at: 7:43 AM

1 comments:

  1. Bagaimana dgn nasib guru honorer yg secara kinerja sama jg dgn guru pns.. Kami para guru honorer butuh kesejahteraan

    ReplyDelete

----------------------------------

--------------------------------

JADWAL IMSAKIYAH

---------------------------

Statistik Pengunjung

CB