Rabu, 07 Maret 2012

IMAN KEPADA MALAIKAT

A.      Pengertian Malaikat dan Tugas-tugas Malaikat
Malaikat adalah makhluk Allah swt. yang berjisim, tidak dapat dilihat oleh mata. Malaikat diciptakan dan nur atau cahaya dan selalu patuh kepada Allah swt. Oleh karena itu, alam malaikat berbeda dengan alam manusia dengan sifat-sifatnya tidak laki-laki, tidak perempuan, tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan tidak bernafsu. Dengan sifat-sifat yang tidak bernafsu itulah, malaikat selalu taat dan patuh kepada Allah swt. sehingga para malaikat itu jauh dan dosa. Mereka hanya melakukan apa yang menjadi tugasnya dan Allah swt.



Beriman kepada malaikat adalah percaya bahwa malaikat itu benar-benar ada, diciptakan oleh Allah swt. dalam alam gaib, yaitu dan nur atau cahaya dan mernpunyai tugas yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan Allah swt.Para malaikat diciptakan Allah swt. mempunyai tugas-tugas yang harus dilaksanakan. Nama-nama dan tugas malaikat adalah sebagai berikut.
1. Malaikat Jibril
Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Allah swt. kepada para rasul dan nabi.
2. Malaikat Mikail
Malaikat Mikail bertugas membagikan atau memberikan rezeki kepada segenap makhluk Allah swt. dan mengatur alam.
3. Malaikat Israfil
Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala atau trompet pada han kiamat.
4. Malaikat Izrail
Malaikat Izrail mempunyai tugas mencabut nyawa segala makhluk apabila sudah diperintah Allah swt.
5. Malaikat Munkar
Malaikat Munkar mempunyai tugas memeriksa amal perbuatan manusia dan menanyai manusia di alam kubur.
6. Malaikat Nakir
Malaikat Nakir mempunyai tugas sama dengan Malaikat Munkar.
7. Malaikat Rakib
Malaikat Rakib mempunyai tugas mengawasi dan mencatat amal baik yang dilakukan manusia.
8. Malaikat Atid
Malaikat Atid mempunyai tugas mengawasi dan mencatat amal buruk yang dilakukan manusia.
9. Malaikat Malik
Malaikat Malik mempunyai tugas menjaga neraka.
10. Malaikat Ridwan
Malaikat Ridwari mempunyai tugas menjaga surga.

B.  Sifat-Sifat Malaikat
Sebagai makhluk gaib, malaikat memiliki sifat-sifat yang berbeda dengan sifatsifat yang dimiliki manusia dan makhluk lainnya. Di antara sifat-sifat itu adalah selalu melaksanakan perintab Allah, disiplin, rendah hati, tidak angkuh, selalu bertasbih, dan tekun beribadah tanpa letih. Malaikat selalu melaksanakan perintah Allah swt., sebagaimana firman Allah swt. dalam Al-Qur’an Surat At-Tahrim Ayat 6 yang artinya: “Mereka para malaikat itu) tidak pernah mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan inengerjakan apa yang diperintahkan-Nya.” 
Malaikat disiplin, yaitu mau melaksanakan perbuatan yang diperintahkan oleh Allah swt. tanpa menundanya. Hal ini diterangkan dalam Q.S. Al-Anbiyä’: 26—27 yang artinya “Sebenarnya (para malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan. Mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakanperintah-perintahNya”
Malaikat rendah hati, tidak angkuh, dan selalu bertasbih kepada Allah swt. Sebagaiman firman Allah yang artinya; “dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tidak mempunyai rasa angkuh :ntuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. (Q.S. Al-Anbiya’: 19)’
Malaikat tekun beribadah dan tidak merasa letih selalu mendoakan dan nemohonkan ampun kepada Allah swt. bagi orang-orang beriman. Hal ini ditegaskan dalam  Q.S.A1-Anbiyi’: 20 yang artinya “Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya”

Perbedaan Malaikat dengan Makhluk Gaib Lainnya
Makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah swt., di antaranya, adalah malaikat, jin dan iblis atau setan. Dan ketiga makhluk tersebut terdapat perbedaan-perbedaan, baik dan asal penciptaan maupun sifat-sifatnya.
1.      Perbedaan Malaikat dengan Jin
Malaikat diciptakan dad nur (cahaya), edangkan jin diciptakan dad nyala api. Malaikat mempunyai sifat tidak bernafsu shingga selalu patuh kepada Allah swt., sedangkan jin mempunyai sifat bernafsu s&iingga jin itu ada yang patuh dan ada tidak patuh kepada Allah swt., ada ng mukmin dan ada yang kafir.
2.      Perbedaan Malaikat dengan Iblis atau Setan
Malaikat dan setan atau iblis sama-sama makhluk gaib, tetapi banyak peredaannya. Perbedaan malaikat dengan iblis atau setan adalah malaikat diciptakan dan nur (cahaya), sedangkan iblis atau setan diciptakan dan api. Malaikat selalu patuh terhadap perintah Allah swt. menurut apa perintah Allah, sedangkan iblis atau setan selalu ingkar kepada Allah swt. Malaikat selalu berusaha untuk berlaku baik dan adil, sedangkan setan atau iblis selalu mengajak berbuat yang keji dan mungkar.
3.      Dalil Naqli Perbedaan antara Malaikat dan Makhluk Gaib Lainnya
ü Mereka takut kepada Tuhan mereka yang (berkuasa) atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka). (Q.S. An-Nahi: 50)
ü  Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (‘pula) yang tidak demikianpula halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda. (Q.S.A1-Jinn: 11)
ü  Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat. “Sujudlah kamu kepada Adam!” Sujudlah mereka, kecuali iblis (Q.S. A1-Kahfi: 50)
ü  Dan diberi keputusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. Az-Zumar: 75)
ü  Barang siapa yang mengikuti langkah-langkah setan maka sesungguhnya setan itu men yuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan mungkar .... (Q .S. An-NUr: 21)
ü  Malaikat itu diciptakan dan cahaya dan jin diciptakan dan nyala api, sedangkan alam diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepadamu semua (dan tanah). (H.R. Muslim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar