Senin, 06 Februari 2012

CONTOH PROGRAM KERJA KEGIATAN MASA BIMBINGAN PESERTA DIDIK BARU ( MBPDB ) SMP NEGERI 2 SAKETI

A. LATAR BELAKANG
Setiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan pendidikan yang lainnya. Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa peserta didik atau siswa baru di sekolah dengan latar belakang yang berbeda, baik disekolah asal mereka, keluarga dan masyarakat sekitar akan erasakan suasana yang berbedadi sekolah mereka yang baru. Agar siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru, perlu adanya masa penyesuaian diri yang pada akhirnya siswa akan merasakan nyaman dan tenang dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah.
Untuk itu kegiatan awal tahun pelajaran bagi siswa baru menjadi penting artinya dan sangat memungkinkan dijadikan peluang serta dukungan yang positif untuk menciptakan kebersamaan sikap, perilaku serta wawasan mereka sebagai peserta didik sebuah sekolah dalam mencapai harapan serta cita-cita mereka.
Atas dasar itulah SMP Negeri 2 Saketi sebagai lembaga pendidikan formal sangat berkepentingan untuk melaksanakan kegiatan awal tahun, bagi siswa baru dengan harapan kegiatan tersebut dapat memberikan kesan yang positif bagi mereka tentang lingkungan belajar mereka yang baru, sehingga mereka dapat mengawali kegiatan belajar dengan hal-hal yang menggembirakan sambil tetap dapat mempelajari sesuatu yang baru, baik berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun cara belajar dan metode pembelajaran yang baru. Pada akhirnya dengan kegiatan tersebut siswa dapat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan tugas mereka sebagai pelajar pada lingkungan belajar yang baru.

B. LANDASAN
Yang menjadi landasan dalam kegiatan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru (MBPDB) di SMP Negeri 2 Saketi adalah :
1. Surat Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pandeglang Nomer / Kab / 2011 tanggal tentang Panduan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru ( MBPDB ) tahun 2011
2. Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2011/2012
C. TUJUAN
1. Tujuan Umum
BMPDB di SMP Negeri 2 Saketi secara umum bertujuan memberikan siswa kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikannya yang baru. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil mengenal dan mempelajari sesuatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun dengan cara-cara belajar yang baru.

2. Tujuan Khusus
a. Membantu siswa mengenal lingkungan lebih dekat lingkungan SMP Negeri 2 Saketi sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.
b. Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali para guru, karyawan dan kakak-kakak kelas nya, sehingga mereka bisa merasa lebih aman berada bersama mereka.
c. Membantu siswa beradaftasi dan menyatu dengan warga sekolah, dan lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan di sekolah.
d. Memeahami kehidupan sekolah dalam rangka melaksanakan wawasan wiyata mandala (7K) sehingga fungsi sekolah, guru, siswa dan masyarakat lingkungannya dapat mendukung terwujudnya pendidikan secara komperhensif.
e. Mendorong siswa untuk memulai kebiasaan belajar baru melalui diskusi dengan teman.
f. Mendorong siswa untuk memiliki kepercayaan diri, sehingga berani mengungkapkan pendapatnya dan aktif mempertanyakan kebenaran pendapat orang lain.
g. Mendorong siswa untuk aktif menambah pemahamannya melalui pengamatan terhadap lingkungan.
h. Memotivasi siswa agar siswa merasa bangga menempuh pendidikan di sekolahnya, sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan-aturan sekolah dengan baik.

D. SARANA FISIK
Sarana fisik yang diperlukan dan dipersiapkan dam kegiatan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru ( MBPDB ) ini, meliputi :
1. Ruang kelas sebanyak dua kelas
2. Lapangan Olah Raga
3. Musola

E. PANITIA DAN PENYAJI MATERI
1. Panitia
Kepanitian dalam kegiatan Masa Bimbingan Peserta Dididik Baru (MBPDB) di bentuk melalui rapat intern sekolah yang di pimpin oleh kepala sekolah. Adapun susunan kepanitiaannya sebagai berikut :
Penanggung Jawab : Drs. Ruli Rusoni, MM.
Ketua : Budi Hendratno, S. Pd.
Seketaris : Sumega Mewa, S.Pd.
Bendahara : Yuliani, S. Pd.
Koordinator : Khaerul Komar, S.Pd.
Lilis Rohayati, S. Pd.
Pendamping : Pengurus OSIS
2. Penyaji Materi
Penyaji materi dalam kegiatan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru di SMP Negeri 2 Saketi diambil dari intern sekolah yakni guru-guru:
1. Herriwan, S. Pd.
2. Dra. Suratmi
3. Aan Subhan, SE.
4. Yuyu Indrayani, S. Pd. I
5. Enok Suci Hartini, S.H.
6. Hani Herawati, S. Pd.
7. Gene Sapnah, S.E
8. Moh. Lomri
9. Uyung Yuningsih, S.Pd

F. MATERI
Materi yang diberikan dalam kegiatan ini mengacu pada petunjuk pelaksanaan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru (MBPDB) tahun pelajaran 2011/2012 yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang melalui surat edaran dengan nomer : / . Kab/2011. Namun materi tersebut dalam pelaksanaan dilapangan dipilih dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada serta kebutuhan peserta didik yang baru. Materi tersebut antara lain :
a. Penghangat Suasana
b. Wawasan Wiyata Mandala
c. Pendidikan Karakter Bangsa
d. Tata Krama Peserta Didik
e. Program dan Cara Belajar
f. Tata Tertib Sekolah
g. Pengenalan Lingkungan Sekolah
h. Pengenalan Ekstrakulikuler.
G. PESERTA
Peserta kegiatan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru (MBPDB) tahun pelajaran 2011/2012 SMP Negeri 2 Saketi berjumlah : 74 orang siswa, terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 38 siswa perempuan. Agar mudah dalam mengkoordinasikan peserta dan agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, peserta dibagi dalam dua gugus. Setiap gugus di bimbing oleh koordinator gugus yang berasal dari guru di bantu oleh pendamping dari OSIS.

H. WAKTU DAN TEMPAT
Pelaksanaan kegiatan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru (MBPDB) ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 11 Juli s.d. 13 Juli 2011, bertempat di SMP Negeri 2 Saketi Jl. Desa Mekarwangi KM 02 Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang.

I. DANA
Dana dalam kegiatan ini dibebankan kepada BOS SMPN 2 Saketi.

J. PENUTUP
Program kerja kegiatan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru (MBPDB) ini di susun agar dalam pelaksanaannya dapat terarah dan dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Program kerja ini akan dapat terlaksana apabila diikuti peran aktif semua pihak yang terkait.
Semoga dengan terlaksananya kegiatan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru ini, dapat membantu sekolah meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai modal awal pembinaan siswa memasuki dunia pendidikan baru di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar